Kamis, 28 November 2013

Masjid Ukhuwah Islamiyah (Universitas Indonesia, Indonesia)

Masjid Ukhuwah Islamiyah
Kampus Univ. Indonesia, Kota Depok, Jawa Barat
(http://mesjidui.ui.ac.id)






Masjid Kampus UI sering juga disebut Masjid ukuwah Islamiyah terletak di Kamupus Universitas Indonesia. Secara administratif lahan kampus UI berada di dua wilayah kota yaitu sebagian berada di wilayah kota Depok Jawa Barat dan sebagian lagi berada di wilayah Jakarta Selatan, DKI jakarta. Khusus untuk Masjid Kampus UI / Ukuwah Islamiyah berada di dalam wilayah administratif kota Depok. Di bangun di atas lahan 28.000m2 sedangkan bangunannya sendiri seluas 1.444 m2.Tercatat berdiri dari tahun 1992 dan mampu menampung hingga 2000 jamaah.







Lihat Peta Lebih Besar

Universitas Indonesia, disingkat UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. UI secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.













Masjid UI menyelenggarakan banyak kegiatan apalagi jamaah utama di masjid ini adalah para mahasiswa yang diantara kegiatan yang ada adalah Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu. 










Masjid Ukhuwah Islamiyah, Universitas UI ini memiliki beberapa fasilitas menunjang diantaranya Parkir, Taman, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Perpustakaan, Kantor Sekretariat, Sound System dan Multimedia, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah.









Sebuah gerbang yang besar kami lewati. Gerbang tersebut menjadi pintu masuk utama menuju areal masjid. Dari tempat ini kita bisa langsung melihat tampilan bangunan masjid berlantai dua. Sementara itu di kedua sisi masjid terdapat semacam koridor. Di sisi koridor sebelah kiri yang dekat dengan danau, nampak ramai dengan jamaah wanita di sana. Mungkin areal tersebut dikhususkan untuk jamaah wanita. Koridor di sisi kanan berbentuk letter-L menghubungkan antara ruang wudlu pria, tempat penitipan sandal hingga ke ruang sholat utama.














Sholat di Masjid UI memang pilihan yang tepat jika anda sedang study atau sekedar kunjungan di UI karena selain tempatnya yang nyaman dan fasilitas yang komplit di tambah pemandangan danau di samping Masjid membuat ibadah semakin nyaman. Bersujud di salah satu sudut bumi Allah menjadi semakin kusyu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar