Jumat, 29 November 2013

Masjid Raya Al Akbar Sorong (Sorong, Papua Barat, Indonesia)

Masjid Raya Al Akbar Sorong
GPS/Garmin: -0.8816016886835664,131.28225714407208
Alamat: Jalan Ahmad Yani,  Sorong, West Papua, Indonesia


Masjid Raya Al Akbar adalah sebuah masjid yang berada di kota Sorong Provinsi Papua Barat. Masjid ini terletak di tengah kota yang beralamat tepat di Jalan Ahmad Yani No 40 kota Sorong. Di komplek masjid ini juga terdapat ruang pertemuan yang bernama Al Akbar Convetion Center. 







Lihat Peta Lebih Besar




Masjid ini merupakan masjid terbesar di Sorong dan selalu dipadati oleh jamaah Islam. Bangunan masjid ini terdiri dari dua lantai yang dominan bercat warna putih dan hijau. Bentuk kubah di masjid ini sangat khas karena berbentuk kubah yang berlekuk lima. Masjid ini mempunyai dua menara di samping kiri kanannya untuk menambah nuansa masjid pada umumnya.






Umat Islam melaksanakan salat Tarawih di Masjid Raya Al-Akbar, Sorong, Papua. Masjid ini merupakan yang terbesar di kawasan ini dan selalu dipadati oleh umat islam. Keberadaan Masjid Al Akbar di Sorong memang sangat terasa sekali manfaatnya. Tak hanya shalat fardu banyak kegiatan di lakukan di Masjid ini.





                                   

SORONG-Dengan mengharap ridho Allah SWT, bertempat di Masjid Raya Al-Akbar Sorong , semalam 05/07/13 tepatnya usai ibadah shalat Isya berjamaah, dzikir yang dipimpin KH S. Muhammad Alkaff berlangsung khidmat. Dzikir bersama diawali dengan dakwah yang disampaikan oleh Habib Alkaff. 

Dalam dakwanya, Habib M. Alkaff menjelaskan tentang fadilh-fadilah majelis dzikir yang dilaksanakan. Dikatakan, dengan dzikir yang bersunggguh-sungguh semata kepada Allah SWT, maka Insya Allah keluh kesah hambanya (manusia) akan dijawab oleh Allah.



6 Nopember 2011 sejenak sempat menahan langkah kaum muslimin di Sorong Papua Barat untuk menjalankan sholat Idul Adha di Masjid Agung Al Akbar   - Sorong Papua Barat. Walau guyuran hujan menyelimuti cuaca hari itu tak menyurutkan langkah muslimin muslimat menunaikan sholat Id bahkan sampai membeludak ke teras masjid.





Kesan sebagian besar masyarakat tentang Papua yang terkesan negatif, penuh dengan kekerasan sebagaimana gencar diberitakan media cetak maupun elektronik akan segera sirna manakala hadir menyaksikan anak-anak, kawula muda, ibu-bu, bapak-bapak, kakek nenek tumpah ruah di masjid terbesar di kota paling barat di pulau Papua itu. 

Pagi ini dari Kota Sorong menyampaikan kabar kepada tanah air bahwa memang ada sebagian daerah di Papua  yang sedang bergejolak, menuntut perhatian lebih, tapi masih banyak teritori lain di tanah cendrawasih  yang aman tentram, damai, religius sebagaimana terlihat dalam keseharian dimana kumandang adzan bersautan  dari berbagai penjuru masjid mulai Subuh sampai Isya.


Sorong- Bertempat di Al-Akbar Convention Centre (ACC) 04 Januari 2013, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Papua Barat, Abdullah Manarai melantik pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) BKPRMI Kota Sorong periode 2013-2017. Pelantikan pengurus DPD BKPRMI ini turut disaksikan oleh Ketua DPP BKPRMI, DR. Ali Muchtar Ngabalin yang sekaligus membuka rapat kerja wilayah (Rakerwil) II DPW BKPRMI Papua Barat.


Jika kita jalan jalan ke PApua Barat sudah tak perlu kawatir lagi karena ternyata di sini banyak Masjid dan saudara-saudara kita. Maka sempatkanlah untuk sujud sejenak di salah satu sudut bumi Allah ini, semoga kita menjadi orang-orang yang bersyukur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar