Senin, 25 November 2013

Masjid Kampus UGM (Yogyakarta, Indonesia)

Masjid Kampus UGM (Universitas Gajah Mada)

Kompleks Masjid kampus UGM, Bulaksumur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281



Masjid Kampus UGM Kompleks Masjid kampus UGM, Bulaksumur, Depok, Sleman,Yogyakarta. Masjid Kampus UGM berada di sebelah selatan kampus Fakultas Psikologi atau di utara kampus D3 Ekonomi Universitas Gadjah Mada. Tak hanya menyandang predikat masjid kampus terbesar se-ASEAN, Masjid Kampus UGM juga dikenal karena kemegahannya, bahkan menjadi salah satu tujuan alternatif wisata religi di Yogyakarta.










Banyak orang sudah tahu jika Masjid Istiqlal Jakarta adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Tapi mungkin banyak yang belum tahu tentang masjid kampus terbesar di kawasan ASEAN ini. Masjid kampus UGM mampu menampung hingga 10.000 jamaah.















Masjid Kampus UGM pertama kali dibangun pada tanggal 21 Mei 1998 di bekas komplek pemakaman Tionghoa. Pembangunan masjid ini dikerjakan seluruhnya oleh mahasiswa Teknik Arsitektur UGM dan untuk menyelesaikan pembangunannya menghabiskan dana sebesar 9,5 miliar Rupiah. Kemudian masjid ini digunakan untuk pertama kalinya pada tanggal 4 Desember 1999. Arsitektur Masjid Kampus UGM merupakan perpaduan dari gaya arsitektur Masjid Nabawi, kebudayaan Tionghoa, India dan Jawa. Di halamannya terdapat kolam yang serupa dengan yang terdapat pada bangunan Taj Mahal. (wiki)

Sebagaimana dengan Masjid-masjid lainnya, fungsi utama dari Masjid UGM ini adalah untuk beribadah. Namun kelebihan Masjid ini adalah banyak faktor pendukung yang meliputi kegiatan-kegiatan keagamaannya. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Masjid ini juga sering digunakan untuk tempat pertemuan. hal tersebut didukung dengan adanya tempat pertemuan di dalam Masjid. Kegiatan perekonomian juga berkembang baik di Masjid Kampus UGM. Kegiatan kemahasiswaan seperti kajian juga rutin di adakan di Masjid ini. Terlebih jika bulan Ramadhan Masjid ini akan sangat rame karena mengadakan buka bersama (gratis), sholat trawih dan juga kegiatan kegiatan lainnya.













Apabila anda ingin mencoba untuk datang ke Masjid Kampus UGM ini, akses yang telah disediakan cukup mudah. Anda bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan karena wilayah masjid memiliki lahan parkir yang cukup luas ditambah lagi apabila ingin masuk ke dalam masjid ini tidak dipungut biaya apapun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar